Teknologi Fiber Optik Bisa Tingkatkan Bandwidth Internet

Tidak ada komentar 581 views

SHOWBAGUS.com – Dengan meningkat pesatnya permintaan kapasitas bandwidth Internet, sebuah tim insinyur telah menemukan teknologi baru fiber optik yang menjanjikan untuk meningkatkan bandwidth secara signifikan. Teknologi baru ini bisa memungkinkan penyedia Internet untuk menawarkan konektivitas yang jauh lebih besar dari penurunan kepadatan jaringan untuk on-demand video streaming.

Dijelaskan dalam jurnal Science edisi 28 Juni, pusat teknologi pada sinar laser berbentuk donat balok disebut vortisitas optik, di mana putaran ringan seperti tornado ketika bergerak sepanjang jalur balok, bukan di garis lurus.

Dipelajari secara luas dalam molekul biologi, fisika atom dan optik kuantum, vortisitas optik (juga dikenal sebagai momentum sudut orbital, atau OAM, balok) yang dianggap serat tidak stabil, sampai Profesor BU Engineering Siddharth Ramachandran merancang sebuah serat optik yang dapat menyebarkan mereka . Dalam tulisan ini, ia dan Alan Willner dari USC menunjukkan tidak hanya stabilitas balok serat optik, tetapi juga potensi mereka untuk meningkatkan bandwidth internet.

“Selama beberapa dekade sejak serat optik digunakan, asumsi konvensional telah membuat OAM membawa balok secara inheren tidak stabil dalam serat,” kata Ramachandran. “Penemuan kami, kelas desain di mana mereka stabil, memiliki implikasi yang mendalam untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah mengeksploitasi sifat unik dari OAM pembawa cahaya, termasuk penggunaan balok tersebut untuk meningkatkan kapasitas data dalam serat.”

Penelitian yang dilaporkan merupakan kerjasama erat antara para ahli serat optik di BU dan optik ahli sistem komunikasi di USC. “Serat Siddharth ini merupakan inovasi yang sangat unik dan berharga. penemuan besar ini untuk bekerja sama dengan menunjukkan link transmisi kapasitas terabit per detik, “kata Willner, profesor teknik listrik di USC Viterbi School of Engineering.

Ramachandran dan Willner berkolaborasi dengan OFS-Fitel, sebuah perusahaan optik serat di Denmark, dan Tel Aviv University.

Didanai oleh Defense Advanced Research Projects Agency, teknologi tidak bisa datang pada waktu yang dekat, sebagai salah satu strategi utama untuk meningkatkan bandwidth internet berjalan ke hambatan seperti perangkat mobile yang berkembang pesat pada tuntutan di Internet. Secara tradisional, bandwidth telah ditingkatkan dengan meningkatkan jumlah warna, atau panjang gelombang data-membawa sinyal-dasarnya Laser aliran serat optik 1s dan 0s-diturunkan, di mana sinyal diproses sesuai dengan warna. Bertambahnya jumlah warna telah bekerja dengan baik sejak 1990-an ketika metode diperkenalkan, tapi sekarang angka itu mencapai batas fisik.

Sebuah strategi yang muncul untuk meningkatkan bandwidth untuk mengirimkan cahaya melalui serat sepanjang jalur berbeda, atau mode, masing-masing membawa cache data dari satu ujung serat yang lain. Berbeda dengan warna, bagaimanapun, data stream dan 0s 1s dari mode yang berbeda bercampur; menentukan aliran data berasal dari sumber yang membutuhkan algoritma pemrosesan sinyal digital komputasi intensif dan haus energi.

Ramachandran dan pendekatan Willner menggabungkan kedua strategi, kemasan beberapa warna dalam setiap mode, dan menggunakan beberapa mode. Tidak seperti dalam serat konvensional, mode OAM dalam serat ini dirancang khusus dapat membawa data stream melintasi serat optik, namun tetap terpisah di ujung penerima. Dalam percobaan muncul dalam kertas Science, Ramachandran menciptakan serat OAM dengan empat mode (serat optik biasanya memiliki dua), dan ia dan Willner menunjukkan bahwa untuk setiap mode OAM, mereka bisa mengirim data melalui serat satu kilometer dalam 10 warna berbeda , menghasilkan kapasitas transmisi sebesar 1,6 terabit per detik, setara dengan transmisi delapan Blu-RayTM DVD setiap detik.

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "Teknologi Fiber Optik Bisa Tingkatkan Bandwidth Internet"