Samsung Galaxy TabPRO 8.4 vs LG G Pad 8.3

1 komentar 694 views

Pada tahun 2014 ini, Samsung telah meluncurkan serangkaian TabPRO tablet, salah satunya adalah Samsung Galaxy TabPRO 8.4 , perangkat Android yang memiliki resolusi tinggi ini menjadikannya sejajar dengan Apple iPad Mini Retina. Tapi pesaing tabpro ini bukanlah ipad mini saja tapi juga LG G Pad 8.3 , yang juga mengusung spesifikasi yang tinggi. Setelah pertama kali ditampilkan di IFA 2013, yang menampilkan layar Full HD dan prosesor quad-core yang membuat tablet ini masuk dalam jajaran perangkat Android higt-end . Pada kesempatan ini kita akan melihat lebih dekat Samsung Galaxy TabPRO 8.4 vs LG G Pad 8.3.

Disain

Meskipun perbedaan dalam ukuran diagonal sebesar 0,1 inci, keduanya memiliki gaya yang hampir mirip. Samsung memilih untuk menggunakan material plastik putih mengkilap pada bagian depan sedangkan di bagian belakang di balut dengan kulit (hanya tersedia dalam warna hitam). Meskipun plastik pada umumnya mungkin tidak selalu datang dari dengan kualitas tinggi melihat, Samsung telah menguasai plastik-chic.  LG G Pad 8.3 sendiri juga menggunakan material plastik dengan sedikit tambahan aluminium pada bagian sisinya.

Keduanya memiliki pegangan yang kuat, LG G Pad 8.3 memasang karet pada bagian sisinya dan Samsung menggunakan bahan kulit bertekstur . Meskipun tablet Samsung lebih ramping, keduanya memiliki berat kurang lebih sama.

Display

Samsung memiliki resolusiyang lebih tinggi karena menggunakan technology WQXGA (2560 x 1600 pixels, 359 ppi), sedangkan LG G Pad Full HD (1920 x 1200 piksel, 271 ppi) . Kedua tablet memiliki layar rasio 16:10, yang umumnya lebih cocok untuk memutar video. Dengan menggunakan resolusi yang tinggi pada Tabpro membuat kegiatan menonton video, bermain game dan melihat gambar secara umum pada TabPRO terbukti benar-benar menyenangkan. Meskipun LG G Pad bisa juga melakukannya dengn baik, akan tetapi tablet Samsung lebih baik berkat resolusi yang lebih tinggi .

Sistem

Galaxy TabPRO 8.4 menjalankan versi terbaru dari Android 4.4 KitKat,  Sedangkan LG G Pad 8.3 menjalankan Android 4.2.2 Jelly Bean, tapi Anda bisa melakukan update ke Android 4.3 . Samsung dan LG memiliki fungsi individu multitasking, fitur tersebut menjadi karakteristik dari tablet pada umumnya. Samsung menawarkan mode multi window di mana dua aplikasi dapat dibuka pada satu waktu. Aplikasi yang diambil dari sisi, ditarik keluar bar dan akan membagi layar seluruhnya atau bisa mengapung di atas aplikasi lain.

Sedangkan LG memiliki fitur Slide aside dan QSlide, aplikasi yang pertama pengguna bisa menyimpan dan beralih di antara tiga aplikasi dengan menggunakan gerakan menggesek tiga jari, dan yang kedua membuka aplikasi di windows individu yang mengapung di atas aplikasi lain atau layar awal. Ukuran jendela bisa diubah secara manual dan keseluruhan dapat memudar menggunakan slider. Aplikasi ini disimpan di notification bar atau Anda cukup menekan ikon QSlide di setiap aplikasi individu.

Dalam hal gerakan, tablet LG memiliki fungsi knockon seperti G2 yang mengaktifkan layar dengan mengetuk dua kali di atasnya. TabPRO memiliki gerakan Samsung biasa, seperti Air jump atau Air browse dan Air-Call accept.

Performance

Samsung Galaxy TabPRO 8.4 ini didukung oleh prosesor Snapdragon 800 quad-core clock 2,3 GHz, sedangkan LG G Pad 8.3 memiliki prosesor  Snapdragon  600 quad-core 1,7 GHz. Respon pada TabPRO jauh lebih cepat dan lebih halus , tetapi tidak lamban ketika mulai membuka dan menggunakan aplikasi lebih dalam mode multi Window. LG G Pad memiliki beberapa kelemahan, misalnya, beralih dari landscape ke tampilan horisontal memiliki respon cukup lambat dan ketika kembali ke layar awal setelah menutup sebuah aplikasi.

Kamera

LG G Pad memiliki kamera 5 MP, sedangkan TabPRO sedikit lebih baik dengan 8 MP, meskipun kedua tablet ini tidak begitu baik dalam hal fotografi, kecuali jika Anda memiliki kondisi pencahayaan yang baik. Bagian depan memiliki kamera 1,3 MP untuk G Pad dan 2 MP di TabPRO . Cukup baik ketika melakukan panggilan video .

Baterai

Kapasitas pada TabPRO sebesar 4.800 mAh, sedikit lebih baik dari LG G Pad yang memiliki kapasitas 4.600 mAh . TabPRO bisa bertahan selama 7 jam saat menonton video secara terus menerus. Sedangkan LG G Pada hanya bisa bertahan sekitar 6 jam, tapi kelebihan baterai G Pad adalah pengecasan hanya membutuhkan waktu 30 menit. Agar masa pakai baterai lebih lama di sarankan agar melakukan update ke Android 4.4 KitKat .

Spesifikasi Teknis

Perbedaan lain dari kedua tablet ini adalah TabPRO memiliki model yang dapat menggunakan koneksi internet via wi-fi dan mobile data, Sedangkan G Pad yang hanya memungkinkan koneksi internet via Wi-Fi.

author
Penulis: 
    1. author

      Nurul Imam Studio3 tahun ago

      Keren desainnya daripda sebelumnya

      Balas

    Tinggalkan pesan "Samsung Galaxy TabPRO 8.4 vs LG G Pad 8.3"