Perlukah antivirus di Android

Tidak ada komentar 1543 views

Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang antivirus terbaik untuk Android , tapi kali ini yang akan saya bahas adalah apakah antivirus benar-benar di butuhkan di Android .

 

 

 

Definisi virus?

Virus adalah jenis program perangkat lunak berbahaya (malware), yang menginfeksi PC selama beberapa dekade. Platform Android telah berkembang dan menjadi lebih banyak digunakan, demikian juga jumlah potensi ancaman terhadap sistem. Sebuah laporan terbaru dari Cheetah Ponsel menunjukkan bahwa jumlah pengguna Android yang terinfeksi oleh malware meningkat lebih dari 11.000 pengguna dari 17.000 pengguna antara 16 Mei dan 15 Juni.

Dari mana virus datang?

Google Play Store menjadi target terbesar untuk ini jenis malware dan penipuan karena banyak terjadi dan mudah diakses di hampir setiap perangkat Android. Ini adalah tempat utama untuk men-download data ke handset, dan volume aplikasi upload per hari, ditambah dengan kurangnya keamanan, membuatnya menjadi sasaran empuk.

Risiko?

Ancaman keamanan malware untuk perangkat bervariasi. Dalam beberapa kasus, ia akan mengirim iklan untuk smartphone Anda, aplikasi berbahaya bisa meniru situs yang biasa Anda akses, menipu Anda agar memberi password atau rincian kartu kredit. Salah satu risiko keamanan yang paling umum adalah aplikasi yang terkenal dari Play Store , dan setelah diinstal mereka mengirim pesan teks ke nomor telepon premium untuk menguras uang dari rekening Anda. 

Diagram ancaman virus terhadap Android yang sangat besar

Bagaimana saya tahu jika Android telah terinfeksi virus?

Sering kali Anda tidak mengetahui apakah smartphone Anda berada di bawah ancaman, atau jika Anda men-download suatu aplikasi yang berpotensi membahayakan. Aplikasi Antivirus adalah metode untuk mengidentifikasi ancaman ke ponsel Anda. Ada ratusan aplikasi antivirus yang tersedia secara gratis dari Google Play Store (AV-Test, sebuah lembaga keamanan Independent, menyusun tabel setiap beberapa bulan aplikasi antivirus terbaik untuk Android). Mereka bekerja sama dengan perangkat lunak antivirus yang dapat anda temukan pada PC Anda, setelah diinstal Anda dapat menggunakannya untuk memindai file atau aplikasi berbahaya yang tidak sengaja Anda download pada ponsel Anda . Tidak seperti aplikasi antivirus yang terdapat pada pc , aplikasi antivirus Android tidak secara otomatis menghapus aplikasi berbahaya , Anda harus melakukan ini secara manual setelah diidentifikasi.

Kekurangan dan kelebihan memasang antivirus

Aplikasi antivirus Android akan berpotensi mengkonsumsi baterai, mengambil ruang disk, mengganggu Anda dengan pemberitahuan dan mengurangi kecepatan pemrosesan. Tentu, itu tergantung pada bagaimana Anda menggunakan mereka dan ada berapa di antaranya akan mempengaruhi sistem Anda . Keuntungannya pengguna tidak akan menemui ancaman keamanan .

Dari penjelasan dan diagram di atas dapat di simpulkan antivirus android sangat di butuhkan saat ini ,terlepas dari kekurangannya menggunakan antivirus . Untuk mengatasi penggunaan baterai yang boros Anda dapat membaca tip menghemat baterai disini

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "Perlukah antivirus di Android"