Moto X vs Nexus 4, Tarung Dua HP Android Terbaik Besutan Google

Tidak ada komentar 728 views

SHOWBAGUS.com – “Google” mengambil langkah berani dengan mengakuisi perusahaan ponsel Motorola. Dengan kehadiran berbagai jenis smartphone di pasaran, perusahaan tersebut memang sudah tenggelam namanya di percaturan dunia ponsel. “Google” pun mengangkat kembali perusahaan tersebut dan menghasilkan salah satu HP Android terbaik besutannya, “Moto X”.

Sebelum merilis “Moto X”, “Google” sendiri sudah bekerja sama dengan LG untuk meluncurkan salah satu HP Android terbaik di jajaran smartphone “Google”, “Nexus” 4. “Google” memang senang bergonta-ganti gandengan dalam merilis smartphone-nya. Entah sampai kapan “Google” akan bertahan dengan gandengan Motorola ini.

Membandingkan Moto X dengan Nexus 4 dan memilih yang lebih baik dari keduanya bukanlah pekerjaan mudah. Namun demikian, nyatanya Nexus 4 dapat mengimbangi sang cucu, Moto X, di beberapa sisi. Sebelum menarik kesimpulan mana yang keluar sebagai HP Android terbaik, marilah kita bahas dari tiap segi.

Dimensi dan Layar

Dari segi ukuran, keduanya tidak jauh berbeda. LG Nexus 4 memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dan berat dibanding dengan Moto X. Untuk layar, keduanya memiliki ukuran 4,7 inch. Disini LG Nexus 4 cukup menantang HP Android terbaik dengan teknologi True HD yang menghasilkan resolusi layar 318 ppi.

Memori dan Prosesor

Pilihan memori internal yang disediakan di Moto X (16GB/32GB) memang jauh lebih besar daripada yang ditawarkan oleh LG Nexus 4 (8GB/16GB.) Kedua HP Android terbaik ini menawarkan memori RAM 2GB.

Segi prosesor, Nexus 4 masih unjuk gigi sebagai HP Android terbaik. Entah apakah alasan mengurangi budget, Google rela mendowngrade smartphone Moto X dengan hanya menggunakan Qualcomm MSM8960 Snapdragon. Perlu diketahui, chipset tersebut hanya mengandalkan prosesor dual-core. Nexus 4 sendiri sudah menggunakan Qualcomm APQ8064 dengan prosesor quad-core.

Namun, hitam di atas putih, clockspeed dual-core milik Moto X sanggup dipacu hingga 1,7GHz. Sedangkan untuk LG Nexus 4, clockspeed hanya menyentuh 1,5 GHz. Prosesor grafis, keduanya masih menggunakan chip Adreno 320.

Performa

Menilik baterai yang ditanamkan pada Moto X dan LG Nexus 4, keduanya sudah memiliki kapasitas standard sebagai HP Android terbaik. Dengan kapasitas 2200 mAh untuk Moto X dan 2100 mAh untuk Nexus 4, sepertinya tidak ada perbedaan mencolok di ketahanan baterai smartphone ini.

Untuk segi koneksi, Moto X sudah support koneksi internet 4G. Nexus 4 masih stuck di koneksi 3G, mengingat HP Android terbaik di era sebelumnya ini dirancang sebelum jaringan 4G mulai ramai digunakan. Sedangkan untuk basis sistem operasi, Moto X mengandalkan Android 4.2.2 Jelly Bean. Disini, Nexus 4 masih menang dengan menawarkan pilihan sistem operasi 4.3 terbaru.

Adapun untuk kamera yang digunakan, Moto X sudah mampu menghasilkan resolusi 10MP. Sedangkan untuk Nexus 4, kameranya hanya dapat menghasilkan resolusi 8MP.

Kesimpulan

Sulit mengungkapkan siapakah yang terbukti hadir sebagai HP Android terbaik. Nexus 4 masih sanggup memenuhi kebutuhan pengguna akan sebuah ponsel pintar. Di sisi lain, Moto X memang sudah mulai menunjukkan geliat kebangkitan Motorola.

Di atas kertas, performa Moto X memang mengalahkan Nexus 4 dengan teknologi baru yang ditanamkan. Sedangkan beberapa segi pilihan hardware masih dimenangkan oleh Nexus 4. Namun, dengan ulasan yang sudah diberikan, secara nyata memang Moto X yang lebih baru menunjukkan superioritasnya dibanding Nexus 4. Dengan demikian, Moto X memang pantas menjadi HP Android terbaik jaman sekarang.

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "Moto X vs Nexus 4, Tarung Dua HP Android Terbaik Besutan Google"