KALQ pengganti QWERTY

Tidak ada komentar 432 views

SHOWBAGUS.com – Para peneliti telah menciptakan sebuah layout keyboard baru yang mereka klaim membuat “jempol mengetik” lebih cepat pada perangkat touchscreen seperti tablet dan smartphone besar.

Dr Per Ola Kristensson, dari St Andrews University, mengatakan keyboard Qwerty tradisional telah membuat pengguna terjebak dalam “suboptimal text entry interfaces”.

Desain baru ini di beri nama KALQ, nama di ambil berdasarkan urutan tombol pada satu baris.

Penciptanya menggunakan “teknik optimasi komputasi” untuk mengidentifikasi agar memberikan kinerja terbaik.

Para peneliti di St Andrews, Institut Max Planck for Informatics di Jerman dan Montana Tech di AS bergabung bersama untuk menciptakan keyboard virtual, yang akan tersedia sebagai aplikasi gratis untuk perangkat berbasis Android.

Menurut tim peneliti “dua jempol mengetik ergonomis sangat berbeda” dari mengetik pada keyboard Qwerty fisik, yang dikembangkan untuk mesin ketik di akhir abad 19.

Mereka mengklaim pengguna biasa menggunakan keyboard Qwerty pada perangkat touchscreen yang terbatas untuk mengetik dengan kecepatan sekitar 20 kata per menit.

Ini jauh lebih lambat daripada tingkat untuk keyboard fisik normal pada komputer.

Para peneliti mengatakan kunci untuk mengoptimalkan keyboard untuk dua jempol adalah untuk meminimalkan urutan mengetik panjang yang hanya melibatkan jempol tunggal.

Itu juga penting untuk menempatkan tombol huruf yang sering digunakan terpusat dekat satu sama lain.

Menemukan tata letak yang optimal meminimalkan waktu bergerak ibu jari dan memungkinkan mengetik pada bagian sisi tablet.

Hasilnya dikatakan mengejutkan dengan semua huruf vokal ditempatkan di daerah dekat ibu jari kanan, sedangkan ibu jari kiri diberikan kunci lagi.

Dengan bantuan sebuah algoritma koreksi kesalahan pengguna terlatih mampu mencapai 37 kata per menit, kata para peneliti.

Dr Kristensson, dosen di Sekolah Ilmu Komputer di University of St Andrews, mengatakan: “Kami percaya KALQ memberikan peningkatan yang cukup besar untuk mendorong kinerja pengguna untuk beralih dan mendapatkan keuntungan dari lebih cepat dan lebih nyaman mengetik.”

Para pengembang akan mempresentasikan karya mereka pada konferensi CHI 2013 (the ACM Conference on Human Factors in Computing Systems) di Paris pada tanggal 1 Mei.

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "KALQ pengganti QWERTY"