CERN menciptakan kembali halaman web pertama

Tidak ada komentar 483 views

SHOWBAGUS.com – Untuk melestarikan hardware asli dan perangkat lunak yang berhubungan dengan kelahiran web.world wide yang dikembangkan oleh Prof Sir Tim Berners-Lee saat bekerja di CERN.Inisiatif ini bertepatan dengan ulang tahun ke-20 pusat penelitian yang memberikan web untuk dunia.

Menurut Dan Noyes, manajer web untuk komunikasi kelompok CERN, penciptaan kembali situs web pertama di dunia akan memungkinkan generasi mendatang untuk mengeksplorasi, memeriksa dan berpikir tentang bagaimana web telah mengubah kehidupan modern.

“Kami berada dalam momen yang unik di mana kita masih bisa beralih pada web server pertama dan mengalaminya. Kami ingin mendokumentasikan dan melestarikan nya”.

Harapannya adalah bahwa pengembalian dari halaman web pertama dan situs web akan berfungsi sebagai pengingat dan inspirasi nilai-nilai fundamental Web.

Di jantung dari web aslinya adalah teknologi untuk mendesentralisasikan kontrol dan membuat akses ke informasi yang tersedia secara bebas untuk semua. Ini adalah arsitektur yang tampaknya mengilhami orang-orang yang bekerja dengan web dengan budaya kebebasan berekspresi, keyakinan dalam akses universal dan kecenderungan desentralisasi informasi.

Mimpi
Menakjubkan

Mr Gillies adalah di antara mereka yang terlibat dalam proyek. Aku bertanya mengapa dia ingin mengembalikan situs web pertama.

“Salah satu impian saya adalah untuk memungkinkan orang untuk melihat pengalaman web awal ,” itu adalah jawabannya.

“Anda mungkin berpikir bahwa browser pertama akan sangat primitif tapi itu tidak. Itu kemampuan grafis. Anda dapat menyunting ke dalamnya langsung. Itu adalah hal yang menakjubkan. Itu adalah hal yang sangat canggih.”

Mereka yang tidak suka ke teknologi web mungkin skeptis terhadap gagasan bahwa menggunakan mesin yang berusia 20 tahun dan perangkat lunak untuk melihat teks pada halaman web mungkin menjadi pengalaman yang mendebarkan.

Tapi Mr Gillies dan Mr Noyes percaya bahwa halaman web pertama dan situs web bernilai untuk membangkitkan karena tertanam dalam sistem asli yang dikembangkan oleh Sir Tim adalah prinsip-prinsip universalitas dan akses universal bahwa banyak penggemar pada waktu itu diharapkan pada akhirnya akan membuat dunia menjadi lebih adil dan tempat yang lebih setara.

Browser pertama, misalnya, memungkinkan pengguna untuk mengedit dan menulis langsung ke konten yang mereka lihat, sebuah fitur yang tidak tersedia pada browser masa kini.

Cita-cita terkikis

Dan pada awal pengembangan world wide web itu, Nicola Pellow, yang bekerja dengan Sir Tim di CERN pada proyek www, menghasilkan browser yang sederhana untuk melihat konten yang tidak membutuhkan komputer yang kuat, mahal dan jadi membuat teknologi yang tersedia untuk siapa saja dengan komputer sederhana.

Menurut Mr Noyes, banyak nilai-nilai yang masuk ke dalam visi asli kini telah terkikis. Tujuannya, katanya, adalah untuk “kembali dalam waktu dan entah bagaimana melestarikan pengalaman itu”.
Mesin NeXT Segera akan diperbaharui: NeXT komputer adalah rumah bagi situs web pertama di dunia

“Ini akses universal informasi dan fleksibilitas pengiriman adalah sesuatu yang sedang kita  perjuangkan untuk menciptakan kembali dan berurusan dengan sekarang.

“Browser masa kini menawarkan pengalaman cantik tapi ketika kita kembali dan melihat browser awal saya pikir kami telah kehilangan beberapa fitur yang ada dalam pikiran Tim Berners-Lee .”

Mr Noyes menjangkau untuk meminta mereka yang terlibat dalam komputer NeXT digunakan oleh Sir Tim untuk saran tentang cara untuk mengembalikan mesin aslinya.

Perasaan kagum

Mesin-mesin yang paling maju dari waktu mereka. Sir Tim menggunakan dua  untuk membangun web. Salah satunya adalah di acara dalam kabinet out-of-the-way di luar kantor Mr Noyes itu.

Saya mengatakan kepadanya bahwa saya mendekati mesin hitam manis aku merasa ditarik ke arah itu dan dipaksa untuk berhenti sejenak, merenung dan mengagum ngagumi.

“Jadi bayangkan reaksi orang yang lewat apakah mungkin untuk membawa mesin kembali ke kehidupan,” ia menjawab, dengan binar di matanya.

Inisiatif ini bertepatan dengan ulang tahun ke-20 dari CERN memberikan web pergi ke dunia bebas.

Ada diskusi serius oleh manajemen CERN tahun 1993 tentang apakah organisasi harus tetap menjadi rumah web atau apakah itu harus fokus pada misi utama penelitian dasar dalam fisika.

Sir Tim dan rekan-rekannya pada proyek berpendapat bahwa CERN seharusnya tidak mengklaim kepemilikan dari web.

Memberikan jalan Besar

Manajemen setuju dan menandatangani dokumen hukum yang membuat web publik sedemikian rupa sehingga tidak ada yang bisa mengklaim kepemilikan dan yang akan memastikan itu adalah standar yang bebas dan terbuka untuk semua orang untuk digunakan.

Mr Gillies percaya bahwa dokumen tersebut adalah “satu-satunya dokumen yang paling berharga dalam sejarah dunia web yang luas”.

Dia mengatakan: “Tanpa itu Anda akan memiliki web-tetapi mereka akan menjadi milik Microsoft atau Apple atau Vodafone atau siapa pun Anda tidak akan memiliki standar tunggal terbuka untuk semua orang..”

20 tahun yang lalu Web diperkirakan tidak akan membawa tingkat perubahan sosial. Sebagian besar situs web, termasuk yang satu ini, masih cenderung ke arah komunikasi satu arah. Ruang web masih didominasi oleh segelintir perusahaan online yang kuat.

Tapi mereka yang mempelajari world wide web, seperti Prof Nigel Shadbolt, dari Universitas Southampton, percaya prinsip-prinsip yang dibangun layak untuk dilestarikan dan tidak ada monumen yang lebih baik untuk mereka daripada situs web pertama.

“Kita harus membela prinsip universalitas dan akses universal,” katanya kepada BBC News.

“Bahwa tidak jatuh ke satu set khusus standar bahwa organisasi tertentu dan kontrol perusahaan. Jadi menjaga web gratis dan tersedia secara bebas hampir merupakan hak asasi manusia.”

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "CERN menciptakan kembali halaman web pertama"